Banyak dari orangtua berpikir anaknya makin parah bermain gadget sampai lupa waktu. Bagi kalian yang merasakan hal seperti ini, berikut tips supaya anak lepas dari kecanduan bermain gadget.

Pertama, batasi waktu bermain gadget. Beri batasan waktu bermain kepada anak. merican Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan anak yang lebih tua dari enam tahun harus dibatasi 2 jam per hari atau kurang dari itu untuk bermain gadget.
Dapat juga mengaktifkan aplikasi yang bisa membantu orang tua mengontrol waktu bermain dengan mengunci ponsel anak pada waktu tertentu misalnya makan.

Kalau mereka menonton TV, beri aturan jam untuk mematikannya dalam beberapa waktu tertentu. Jadi anak pun nggak bisa berargumen lagi karena sudah ada kesepakatan sebelumnya.

Awalnya anak mungkin akan berontak dan marah-marah jika ia dibatasi bermain gadget. Namun Anda harus konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan aturan tersebut.

Lalu, tanamkan pemahaman sejak dini mengenai penyalahgunaan gadget dan risikonya. Orangtua dan anak harus memahami tentang apa saja hal-hal negatif yang mungkin muncul dari penggunaan gadget, seperti sexting, foto vulgar hingga soal kecanduan game, dan bagaimana cara menghindari atau mencegahnya.

Kedua, izinkan anak bermain gadget hanya setelah tidur siang dan mengerjakan PR. Orang tua harus tegas kepada anak untuk mengajarkan disiplin.

Ketiga, jadilah teman yang baik bagi anak sehingga anak menjadi terbuka dengan anda. Tekankan kepada anak agar mengkomunikasikan apapun kepada orangtua.

Keempat, jangan biarkan anak membawa ponsel masuk ke dalam kamarnya ketika waktu mengisi daya baterai atau saat tidur.