mKehadiran situs belanja online makin memudahkan dalam proses transaksi jual beli. Di zaman yang serba canggih ini, kamu bisa membeli makanan, pakaian, sampai barang elektronik dengan mudah secara online. Tidak perlu repot datang ke toko lagi, cukup memilih barang yang ingin dibeli dari handphone, bayar, dan tunggu barang pesanan datang.

Namun, masih banyak juga yang belum tahu cara belanja online yang aman. Banyak yang merasa tertipu saat melakukan belanja online, barang tidak sesuai dengan gambar, ukuran tidak sesuai, atau malah barang tidak kunjung datang . Kejadian seperti ini sangat bisa dihindari jika kamu berhati-hati dalam bertransaksi dan tahu  cara berbelanja online dengan aman. Nah, Ritelaku mau kasih tips belanja online yang aman biar nggak merasa tertipu dan menjadi korban.

  1. Pastikan Kredibilitas Situs

Jangan asal membeli di situs online, pastikan tingkat keamanan dan kepercayaan situs belanja sebelum memulai membeli barang.  Caranya, perhatikan alamat dan nomor kontak yang tersedia, apakah nomor tersebut bisa dihubungi atau tidak. Lebih bagus lagi jika toko online tersebut memiliki toko fisik.

2.Perhatikan Rincian Produk.

Perhatikan dengan teliti spesifikasi atau rincian produk yang akan kamu beli. Seperti ukuran, warna, dan tipe barang, jangan hanya melihat gambar saja.  Jika membeli baju sesuaikan dengan ukuran dan model tubuh kamu. 

3.Pastikan Kualitas Barang, Jangan Tergiur Harga Murah.

Hal yang satu ini sering terjadi, tergiur harga murah dan potongan yang diberikan saat belanja online. Pembeli biasanya lupa memastikan kualitas barang saat sudah mendapat harga murah. Jangan sampai kamu membeli barang dengan harga murah tapi kualitasnya juga murahan.

  1. Bandingkan harga barang di situs lainnya.

Setiap situs belanja online memiliki perbedaan dari segi harga barang, ongkos pengemasan, dan ongkos kirim. Promo yang ditawarkan juga berbeda, bandingkan dan pilih harga terbaik dari setiap situs tersebut.

  1. Simpan Bukti Transaksi.

Jika sudah melakukan transaksi dengan memperhatikan berbagai tips diatas, simpan bukti transaksi kamu. Simpan deskripsi produk, harga, dan bukti percakapan dengan penjual agar mudah meminta ganti rugi atau melakukan penukaran barang ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan.  

Nah, bagaimana bagaimana pengalaman belanja online kamu Sahabat Ritelaku ? Semoga tips yang kamu yang baca barusan bisa bermanfaat yah… Yuk jadi pembeli yang cerdas. Kalau kamu punya tips lainnya boleh kamu tulis di kolom komentar di bawah ini.