Tidur saat malam hari bermanfaat untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Tidur yang cukup bisa membantu organ-organ tubuh tetap bekerja dengan baik. Namun beberapa orang sering terbangun di malam hari. Hal ini menyebabkan kualitas tidurnya menjadi berkurang.

Penasaran apa penyebab kamu sering terbangun saat malam hari ? Berikut ini beberapa penyebabnya.

Penyebab pertama adalah stres. Jika kamu sedang merasa stres wajar saja jika kamu sering terbangun saat tidur di malam hari. Stres memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur karena akan memicu respon pada peristiwa sehari-hari yang mempengaruhi kondisi emosional, fisik, sampai perilaku yang bisa membuat kamu jadi sulit berkonsentrasi hingga sulit untuk tidur. Sebaiknya, segera atasi hal yang membuat kamu sering stres, karena stres yang berkepanjangan juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental.

Kelelahan juga bisa menjadi salah satu penyebab kamu kerap terbangun. Saat lelah, tentu kamu ingin tidur, bukan? Masalahnya, semakin kamu lelah, semakin mungkin pula kamu justru jadi sulit tidur. Kok bisa? Hal ini bisa saja terjadi karena kelelahanmu setelah beraktivitas padat seharian membuatmu tertekan, akhirnya menghasilkan kualitas tidur yang tidak baik. Sebagai solusi, berusalah untuk lebih rileks, misalnya dengan konsumsi secangkir susu hangat atau teh yang menenangkan.

Apakah kamu sedang gelisah akhir-akhir ini? Jika iya, kamu mungkin sudah beberapa kali terbangun di malam hari belakangan ini. Hal itu terjadi karena pikiranmu tidak tenang. Saat tidur kamu mengistirahatkan tubuh dan pikiran, sedangkan gelisahan membuat otakmu tak tenang untuk beristirahat. Nah, sebaiknya segera cari solusi atas kegelisahanmu ya, Ladies. Ingat, semua masalah pasti ada jalan keluarnya.