Mengapa kualitas Instagram stories di smartphone dengan sistem operasi iOS buatan Apple jauh lebih mulus dibanding dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android ?

Instagram sendiri diketahui memiliki sistem di aplikasi miliknya yang secara otomatis menurunkan kualitas video yang direkam oleh para pengguna sehingga file size dari Instagram Stories tersebut berada di bawah 15MB.

Berikut ini adalah format yang digunakan oleh Instagram untuk melakukan proses kompresi terhadap video yang direkam langsung melalui fitur Instagram Stories dan juga untuk video yang diunggah ke dalam feed:

Resolution: Max Width 1080 Pixels (any height)
Frame Rate: Max 29.96 FPS
Codec: H.264 codec / MP4
Bit rate: 3.500 kbps video bitrate
Audio: AAC audio codec at 44.1 kHz mono
Filesize: 15MB

Lalu apa yang membuat hasil Instagram Stories di Android dan iOS berbeda? Diketahui bahwa yang menjadi pembeda selain dari faktor kompresi adalah dari frame rate ketika sedang merekam. Diketahui bahwa aplikasi Instagram untuk Android tidak menghadirkan frame rate yang stabil sehingga hasilnya menjadi patah-patah.

Sementara aplikasi Instagram di iOS mendukung frame rate yang stabil sehingga video tersebut tetap berjalan di 29.96 FPS tanpa adanya penurunan. Namun bicara soal kualitas pencahayaan, Instagram di Android diketahui lebih unggul dan stabil.

Selain itu, aplikasi Instagram untuk platform Android dikatakan juga memiliki baris kode program 38 persen lebih banyak dari aplikasi Instagram di iOS. Pasalnya Android dan iOS menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda untuk membuat sebuah aplikasi.

Sumber : indozonetech