Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah batik. Batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2009 sehingga makin dikenal di berbagai belahan dunia. Terdapat berbagai motif batik nusantara, berikut beberapa motif batik nusantara pilihan Ritelaku.

Motif Tiga Negeri, motif batik ini merupakan salah satu paling rumit karena merupakan perpaduan dari tiga daerah pembatik terkenal yaitu Solo, Lasem, dan Pekalongan. Motif batik ini juga adalah campuran antara kebudayaan Jawa dengan kebudayaan Tionghoa. Konon, proses pembuatan batik ini sangat rumit karena membutuhkan kombinasi tiga daerah tersebut untuk menghasilkan sebuah kain batik.

Motif sulur anggrek merupakan khas batik dari daerah Ciamis. Motif batik ciamisan ini berbeda dengan berbagai motif batik dari daerah sekitarnya seperti batik Garut atau batik Tasik. Batik dari Ciamis umumnya tampil dengan motif yang lebih sederhana, namun tetap elegan dan penuh wibawa. Inspirasi motif ini berasal dari alam, mengungkapkan akan kesederhanaannya.

Motif batik lasem merupakan salah satu batik paling ternama Indonesia. Motif batik Lasem umumnya campuran antara Jawa-Tionghoa, dengan berbagai varian seperti kupu-kupu dan bunga hong yang merupakan simbolisasi dari bentuk keindahan dan kecantikan. Umumnya, motif Lasem ini berwarna merah.

Yuk kenali motif batik nusantara dengan beli berbagai kebutuhan batik kamu hanya di Ritelaku.